K3 Adalah ? Pengertian Keselamatan dan Kesehatan Kerja Beserta Tujuannya

Pengertian Keselamatan dan Kesehatan Kerja
Pengertian dan Tujuan K3, Sumber gambar : https://cepagram.com/


Saat melakukan pekerjaan dengan resiko tinggi pasti ada petugas yang memberikan materi K3. K3 adalah prosedur tentang kesehatan dan keselamatan Kerja. Banyak orang yang mungkin hanya mengetahui bahwa K3 merupakan prosedur keselamatan bagi pekerja di area pertambangan. Padahal sebenarnya prosedur tersebut berlaku untuk semua jenis pekerjaan. 

Pengertian, Tujuan, dan Materi K3

Para ahli memiliki pendapatnya masing-masing mengenai pengertian K3 meskipun semuanya merujuk pada keselamatan dan kesehatan kerja. Secara umum K3 adalah langkah untuk memelihara kesehatan dan keselamatan bagi para pekerja. Prosedur tersebut sudah menjadi hal wajib yang ada disetiap perusahaan dan dterapkan dengan sebaik-baiknya. Agar program keselamatan dalam bekerja selalu diingat oleh pekerja, pihak perusahaan biasanya menempelkannya di sekitar ruang kerja. 

Secara keilmuan K3 memiliki 2 peran yaitu keselamatan dan kesehatan. Setiap peran mempunyai fungsi yang berbeda-beda. Dari sisi keselamatan sudah jelas bahwa faktor yang menjadi dasarnya adalah resiko kecelakaan kerja. Sedangkan pada kesehatan, tujuan K3 meliputi perlindungan kesehatan jasmani dan rohani kepada para pekerja. 

Tujuan K3

Tujuan K3 tidak lain untuk memastikan keselamatan dan kesehatan kerja seluruh pekerja terutama pada pekerjaan dengan resiko tinggi. Biasanya para pekerja akan diberikan penjelasan, pelatihan, serta pengarahan untuk menjalankan tugasnya sesuai aturan yang berlaku. Ada sanksi yang diberikan kepada mereka yang tidak mematuhi prosedur tersebut baik pekerjanya maupun pihak perusahaan. Tujuan lain K3 adalah untuk melindungi seluruh sumber produksi sehingga dapat dipakai secara efektif. 

Dalam pelaksanaannya, K3 mempunyai beberapa fungsi yang sangat penting bagi keselamatan kerja. Selain sebagai pedoman untuk memantau kesehatan dan keselamatan di lingkungan kerja, fungsi lainnya sebagai acuan yang mampu mengorhanisir pelaksanaan kerja serta program pengendalian bahaya. 

Dikarenakan perannya yang sangat penting, setiap tenaga kerja berhak mendapatkan materi K3 sehingga mampu menjaga dirinya dari resiko bahaya dalam pekerjaan yang dilakukan. Disamping itu perusahaan juga harus menjamin keselamatan pekerjanya dengan prosedur yang telah ditetapkan. Dengan demikian tindakan antisipatif dapat dilakukan untuk mengurangi resiko kecelakaan kerja. 

Sesuai dengan kepanjangan K3 yang merujuk pada permasalahan keselamatan kerja, banyak aspek yang perlu diperhatikan dalam pelaksanaanya oleh perusahaan. Mulai dari lingkungan kerja, alat serta bahan yang digunakan, dan metode dalam melakukan pekerjaan. Kondisi lingkungan kerja yang baik sangat ditentukan oleh banyak faktor termasuk suhu ruangan, penerangan, serta ventilasi udara. 

Aspek berikutnya yang diatur dalam K3 adalah alat dan bahan-bahan yang digunakan dalam bekerja agar kelengkapan serta kondisinya selalu dijaga. Kelengakapan alat kerja cukup berpengaruh pada proses produksi sehingga perlu dicek dengan benar. Selain itu kondisi alat dan bahan juga harus selalu dijaga agar proses produksi dapat berjalan dengan lancar. 

Aspek yang terakhir adalah metode yang digunakan saat bekerja. Metode kerja dibuat agar pekerja mampu melakukan pekerjaannya secara efektif sehingga mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Para pekerja juga harus dibekali dengan pengetahuan tentang pekerjaan yang dilakukannya terutama tentang pengertian K3. Selain itu penting untuk meberikan pelatihan kepada pekerja agar selalu mengedepankan keselamatannya. 

Penjelasan mengenai K3 diatas menunjukkan bahwa kesehatan dan keselamatan kerja adalah hal yang sangat penting. Sesuai dengan kepanjangan K3, keselamatan dan kesehatan saat bekerja merupakan faktor penting dalam proses produksi. Jadi K3 adalah program yang wajib diberlakukan dan ditaati perusahaan maupun pekerja selama proses produksi. 


Sumber: 


K3 Adalah ? Pengertian Keselamatan dan Kesehatan Kerja Beserta Tujuannya